Membangun Theme WP : Style.css

Sekarang kita mulai dengan membangun style terlebih dahulu. Sebenarnya sih cara kerjanya bergantian antara file index.php dan style.css. Tapi karena informasi theme ada di file style.css, maka file inilah yang pertama kali kita buat.
Sebelum bicara terlalu banyak, untuk membuat theme WordPress anda membutuhkan sebuah server lokal (localhost). Anda bisa pakai AppServ, XAMPP atau yang lainnya untuk membangun server lokal di komputer pribadi. Sangat tidak bijaksana kalau anda membangun langsung di hosting. Selain boros bandwidth juga boros waktu. Saya anggap anda sudah tahu soal instalasi WordPress di localhost dan cara mengaktifkan themes. Kalau belum bisa, (Baca di sini)
Saya juga menganggap anda tahu bagaimana cara membuat file PHP. Kalau ini juga belum bisa, (Baca di sini).
Jika sudah siap, kita buat dulu folder tempat theme kita. Kita akan namakan theme ini dengan: temaku. Jadi, silahkan buat folder "/temaku/" di "wp-content/themes". Berikutnya semua file yang kita buat harus masuk di folder ini.
File pertama yang kita buat adalah style.css. File ini akan menangani semua tampilan theme kita. Untuk mengatur style, anda bisa baca referensi soal CSS. Tapi disini kita akan langsung pakai perintah-perintah CSS yang kita terapkan di theme.
Pertama, kita isi file style.css dengan keterangan seperti ini:
/*
Theme Name: Tema Ku
Theme URI: http://temaku.com/
Description: Tema Pertama yang Saya Buat
Author: Encep Endan Mochsidar
Author URI: http://dasarprogramming.blogspot.co.id/
Version: 1.0
*/
Theme Name: isilah dengan nama theme yang ingin anda buat
Theme URI: isilah dengan tempat mendownload theme ini
Description: isilah dengan diskripsi singkat theme anda. Jika mau diupload ke wordpress.org anda harus mengisinya dalam bahasa Inggris
Author: isilah dengan nama anda (mau pakai nama saya boleh hehehe)
Author URI: isilah dengan URL blog pribadi anda (kalau punya)
Version: isi dengan versi themesnya. Idealnya sih dimulai dari 1.0
Simpanlah file tersebut dan sekarang coba anda cek di bagian Appearance – Themes. Themes-nya belum muncul kan? hehehe… itu karena 1 file lagi belum ada yaitu index.php. Nah, bikin deh file index.php di dalam folder themegue tadi. Tidak perlu diisi dulu, kosongan aja.
Sekarang seharusnya di menu Appearance – Themes sudah ada sebuah theme baru dengan nama Tema Ku. Silahkan aktifkan.
Jika anda mau mencoba mengaktifkan tema tadi, saya jamin isinya cuma blank doang, karena memang theme juga belum jadi. Pembahasan selanjutnya buka halaman selanjutnya

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment